Selamat Datang Kawan di WebBlog Para Pembebas

DITA INDAH SARI CALON PRESIDEN


Rabu, 17 Januari 2007

Jakarta, Partai Persatuan Pembebasan Nasional atau Papernas mengajukan lima tokoh yang layak diusulkan sebagai calon presiden dalam Pemilu 2009. Kelima tokoh tersebut adalah Kwik Kian Gie, Sukardi Rinakit, Rizal Ramli, Hasyim Wahid, dan Dita Indah Sari.

Ketua Umum Komite Persiapan Partai Persatuan Pembebasan Nasional Dominggus Oktavianus Tobu Kiik di Jakarta, Selasa (16/1), mengatakan, kelima calon presiden alternatif tersebut dijaring dari pengurus dan kader Papernas di daerah. Capres alternatif yang diperoleh merupakan tokoh ekonomi, politik, dan aktivis pergerakan.

Kwik Kian Gie dan Rizal Ramli adalah ekonom yang berpengalaman menjadi menteri. Sedangkan Sukardi Rinakit dikenal sebagai pengamat politik dari Direktur Soegeng Sarjadi Syndicated. Dita Indah Sari adalah aktivis pergerakan yang memimpin Partai Rakyat Demokratik. Hasyim Wahid adalah adik kandung KH Abdurrahman Wahid.

Dari kelima tokoh itu, baru Dita yang sudah menyatakan kesediaannya untuk dicalonkan Papernas. Sedangkan calon lainnya belum memberikan kepastian. Sukardi yang dihubungi Kompas hanya tertawa. “Biarlah saya tetap menjadi peneliti. Jadi presiden butuh pengalaman,” ucapnya. Namun, ia mengatakan, diskursus memunculkan capres alternatif positif untuk merangsang pemikiran munculnya pemimpin alternatif.

  

Menurut Dominggus, capres alternatif dianggap memiliki komitmen tinggi menyelesaikan masalah bangsa. Tokoh pimpinan tradisional saat ini dinilai tidak ada yang memiliki kemampuan yang dibutuhkan bangsa untuk keluar dari berbagai masalah.

Ketua Presidium KP Papernas Agus Jabo Priyono mengatakan, calon harus mampu mengusung program Papernas yang tertuang dalam Tri Panji Persatuan Nasional untuk Kesejahteraan Rakyat. Tri Panji tersebut adalah nasionalisasi industri pertambangan, penghapusan utang luar negeri, dan industri nasional yang menyejahterakan rakyat.

Komentar ditutup.